Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar hubungan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri dengan prestasi belajar dalam bidang studi Bahasa Arab. Sehingga dengan mengetahui kondisi yang demikian maka guru akan lebih memberikan tekanan pada aspek yang mempunyai hubungan lebih kuat pada keberhasilan belajar Bahasa Arab. Metode yang digunakan di antaranya adalah metode penentuan populasi dan sampel, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes membaca Al-Qur’an dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan teknik analisa korelasi product moment angka kasar dari person dan hasil perhitungan 0,808. Setelah diketahui harga atau nilai korelasi tersebut, selanjutnya dikonsultasikan dengan “r” tabel pada taraf signifikan 1% = 0,354 sedangkan taraf signifikan 5% = 0,273 jadi “r” yang diperoleh lebih besar dari “r” tabel dengan perbandingan sebagai berikut: 0,808 > 0,354 atau 0,808 > 0,273. Dilihat dari data di atas yaitu “r” yang diperoleh berada jauh di atas batas signifikan maka dengan demikian kita menolak hipotesis nihil yang berbunyi “Kemampuan membaca Al-Qur’an tidak ada pengaruh dalam peningkatan prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan”. Dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi “Kemampuan membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan.” Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan mempunyai pengaruh yang tinggi, yaitu dengan hasil angka indek terakhir adalah 0,808.