IMPLEMENTASI MEDIA CANVA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPQ AT-THOHIRIYAH BRONDONG LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media canva untuk pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At - Thohiriyah Brondong Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di TPQ At-Thohiriyah Brondong Lamongan. Informan penelitian ini adalah guru Bahasa Arab dan 6 santri (2 santri kemampuannya di atas rata-rata, 2 santri kemampuan sedang, dan 2 santri kemampuan di bawah rata-rata) yang mengikuti proses belajar di TPQ At-Thohiriyah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan teori John W. Creswell dengan menerapan tiga langkah yaitu pengumpulan data, pengolahan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pengembangan media berbasis aplikasi Canva efektif untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At-Thohiriyah.