STUDI KORELASI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA MA AL-ISHLAH SENDANGAGUNG
Abstract
Dilatar belakangi bahwa kegiatan mengajar tidak lain yang harus dicapai guru adalah bagaimana siswa dapat menguasai bahan pelajaran yang telah disampaikan, salah satunya adalah dengan mengembangkan metode diskusi. Melalui penerapan metode diskusi diharapkan para siswa terdorong untuk secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran di sekolah, dapat terangsang untuk berfikir secara kritis dan rasional atau obyektik dalam memecahkan suatu masalah sehingga tujuan belajar dapat tercapai. Dengan metode diskusi siswa yang aktif dalam belajar. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa Korelasi Penerapan Metode Diskusi Dengan Motivasi Belajar FIQIH termasuk dalam kategori baik, karena dari hasil pengamatan dan analisis korelasi tersebut menunjukkan hubungan yang signifikan, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan di terima dan terdapat hubungan yang signifikan, dan metode diskusi merupakan salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran Fiqih dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MA AL-ISHLAH Sendangagung Paciran Lamongan.