IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ILMU BAHASA ARAB BAGI PEMULA BERBASIS KITAB DL 1 MENGGUNAKAN MODUL BELAJAR BERPOLA DEEP Q&A SEBAGAI UPAYA UPGRADING HASIL BELAJAR SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA THAYBAH SURABAYA

Abstract

Pada rentang Tahun Ajaran 2020/2021, nilai hasil belajar ilmu bahasa Arab santri Pesantren Thaybah Surabaya dengan Kitab DL 1 tidak menunjukkan level yang diharapkan karena belum mencapai standar nilai yang ditetapkan oleh pihak internal Thaybah, yaitu 80.50. Kemudian peneliti menawarkan kerjasama dengan Thaybah untuk memakai Modul Belajar Bahasa Arab Berpola Deep Q & A karya peneliti sebagai buku penunjang dalam rangka meng-upgrade nilai hasil belajar santri.Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana hasil belajar bahasa Arab Kitab DL 1 santri Pesma Thaybah di rentang Tahun Ajaran 2020/2021? 2. Bagaimana implementasi metode pembelajaran Kitab DL 1 menggunakan Modul Belajar Bahasa Arab Berpola Deep Q & A karya peneliti? 3. Bagaimana upgrade hasil belajar bahasa Arab Kitab DL 1 santri Pesma Thaybah di rentang Tahun Ajaran 2021/2022? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena sesuai dengan tema dan kasus yang diangkat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran ilmu bahasa Arab Kitab DL 1 menggunakan Modul Belajar Berpola Deep Q & A karya peneliti berhasil meng-upgrade indeks Nilai Rata-Rata (NR) hasil belajar santri pada rentang Tahun Ajaran 2021/2022; hanya saja tetap belum bisa mencapai level standar nilai yang ditetapkan oleh internal Pesma Thaybah. Hal ini dimungkinkan karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar santri yang belum teridentifikasi pada penelitian ini.