Upaya Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Di Madrasah Abadiyah Gabus
Abstract
Upaya guru merupakan suatu usaha yang dilakukan guru dalam memecahkan suatu masalah sehingga dapat tercapainya tujuan dan lembaga pendidikan tersebut. . Kualitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil dan pemahaman yang dicapai oleh siswa setelah kegiatan pembelajaran dilakukan. Sejarah Kebudayaan Islam sebagai salah satu mata pelajaran wajib di Madrasah. Peneliti melakukan penelitian mengenai upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Abadiyah Gabus. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam peningkatan kualitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan dari upaya-upaya yang telah dilakukan guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam peningkatan kualitas pembelajaran.Kata Kunci: Upaya guru, peningkatan kualitas pembelajaran