Concepts and Methods of Tadabbur al-Qur'an for Early Childhood: A Review of the Book Tadabbur al-Qur’an for Kids
Abstract
Islam sangat mementingkan pendidikan anak dimulai sejak usia dini. Apabila anak-anak kurang mendapat pendidikan pada permulaan hidupnya, sebagian dari mereka akan tumbuh besar dengan akhlak yang rusak, suka berbohong, dengki, mencuri, mencela, dan suka campur tangan dalam urusan orang lain. Surah al-Qur’an yang menyinggung betapa pentingnya keberadaan anak itu sendiri adalah QS. al-Kahfi ayat 46, Allah berfirman: “Harta dan anak anak adalah perhiasan dalam kehidupan dunia”. Penelitian ini bertujuan membahas konsep dan metode tadabbur al-Qur’an melalui analisis karya tim redaksi Ummul Qura’ yakni kitab Tadabbur Al-Qur’an for Kids. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, studi kepustakaan, penelitian ini berfokus pada dua aspek utama: pemahaman tim redaksi Ummul Qura’ tentang konsep dan metode tadabbur al-Qur’an untuk anak usia dini, dan bagaimana implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim redaksi Ummul Qura’ mampu memberikan Solusi untuk pendidikan anak usia dini dengan menyajikan pemahaman yang aplikatif dan bermakna, di antaranya menyajikan kemudahan bagi anak-anak dalam mentadabburi al-Qur’an, memudahkan untuk menghafal al-Qur'an, penyajian terjemah setiap ayat, pengenalan penamaan surah al-Qur’an, tadabbur dan memahami inti sari ilmu al-Qur'an, panduan untuk mengamalkan isi al-Qur'an, referensi yang lengkap, mengajak anak-anak untuk menyelami lebih lanjut, dan memberikan motivasi untuk menjadi ahli al-Qur'an.