Pelatihan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk Guru SD dan SMP di Desa Dadapan Gucialit Lumajang
Abstract
Banyaknya pihak guru di desa dadapan mengalami kesulitan dalam menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran berdiferensiasi belum ada bentuk pelatihan di desa dadapan. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi desa dadapan tidak maksimal dan cenderung menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah mengadakan workshop desain pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Artificial Intelligence (AI). Metode pelaksanaan tahapan-tahapan kegiatan pelaksanaan Pelatihan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan metode dalam pelatihan yakni Ceramah, tanya jawab, dan pendampingan, serta praktik. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang dilaksanakan di SMPN 2 Gucialit. Hasil yang diperoleh diantaranya sebagian peserta bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat bagi guru dan peserta juga mengalami peningkatan dalam keterampilan dan pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi memanfaatkan artificial intelligence (AI).