Implementasi Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Kecamatan Aru Selatan Utara
Abstract
Peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani perlu terus dilakukan. Upaya peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani secara teratur dan terarah pada dasarnya merupakan bagian dari gaya hidup yang berkembang akibat proses pendidikan dan akulturasi. Oleh karena itu, pentingnya upaya peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani sebagai bagian integral dari upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dapat dilakukan melalui proses pendidikan dan pembudayaan seluruh masyarakat Indonesia. Melalui proses pendidikan dan budidaya diharapkan akan muncul sikap dan kesadaran dari setiap individu untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran jasmaninya, yang kemudian menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan hidup. Salah satu strategi untuk meningkatkan kebugaran jasmani dapat dilakukan melalui menjalani hidup aktif dan sehat. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini digunakan beberapa langkah yaitu Metode Praktik yang dilakukan dengan memberikan tes kebugaran jasmani praktik kepada siswa dan meningkatkan kebugaran siswa SD Kristen Rebi agar menjadi sehat di pulau-pulau kecil perbatasan. Dari implementasi tingkat kesegaran jasmani pada siswa SD di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Kecamatan Aru Selatan Utara, dapat disimpulkan bahwa upaya ini memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan fisik para siswa. Dengan melibatkan siswa SD dalam kegiatan yang menitikberatkan pada peningkatan tingkat kebugaran jasmani, terlihat bahwa program ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya aktifitas fisik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal.