STRATEGI PROMOSI MADRASAH DI MEDIA SOSIAL DALAM MENARIK ANIMO PESERTA DIDIK BARU

Abstract

Abstrak:           Di tengah pesatnya tuntutan mengikuti perkembangan teknologi seperti saat ini, suatu lembaga pendidikan dituntut untuk terus berinovasi dalam meningkatkan eksistensi lembaga dengan promosi melalui media digital. Promosi yang diunggah ke media sosial akan dapat menarik animo peserta didik baru dibandingkan hanya menggunakan media cetak. Beberapa platform media sosial yang dapat dijadikan sebagai tempat mempromosikan lembaga Pendidikan. Maka kemudian bagaimana promosi di media sosial dalam menarik animo peserta didik baru dapat tercapai dengan baik tentu dibutuhkan langkah dan strategi terencana untuk mencapai itu semua. Jenis penelitian berbentuk deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, diskusi teman sejawat, dan member check. Hasil dari strategi promosi di media sosial dalam meningkatkan minat peserta didik baru adalah memengaruhi animo peserta didik baru, memengaruhi pengambilan keputusan dalam memilih sekolah, memudahkan penyampaian informasi, dan meningkatkan minat peserta didik baru.   Kata Kunci: Strategi, Promosi, Media Sosial, Animo Peserta Didik Baru