ANALISIS RISIKO CURAH HUJAN TINGGI TERHADAP KELANGSUNGAN KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR DI MTS HUDATUL FALAH
Abstract
Curah hujan tinggi dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kelancaran kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curah hujan tinggi mengganggu ketepatan siswa dan pengajar untuk datang ke sekolah dengan kondisi cuaca yang buruk. Keterlambatan dan absensi siswa dan pengajar mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran di MTs Hudatul Falah. Selain itu, beberapa bagian bangunan sekolah juga mengalami kerusakan akibat curah hujan tinggi, seperti atap, dinding dan tangga. Sekolah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi dampak curah hujan tinggi, termasuk peningkatan perbaikan dan pemeliharaan bangunan sekolah, serta memberikan toleransi keterlambatan dan fleksibilitas jadwal pembelajaran. Evaluasi kesiapan sekolah dan pemberdayaan staf pengajar dan siswa dalam menghadapi situasi darurat terkait curah hujan tinggi juga dilakukan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya menghadapi dampak cuaca ekstrem dalam konteks pendidikan. Dampak curah hujan tinggi, khususnya keterlambatan siswa dan pengajar, memerlukan perhatian yang lebih besar terhadap perbaikan kondisi bangunan sekolah serta peningkatan kesiapan dalam menghadapi risiko cuaca ekstrem. Langkah-langkah ini akan membantu memastikan kelancaran kegiatan belajar dan mengajar yang berkelanjutan di masa depan. Kata Kunci: curah hujan tinggi, kelancaran kegiatan, belajar dan mengajar