Manajemen Mutu Organisasi Siswa Intra Sekolah Dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Siswa

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil kajian lapangan yang dilakukan pada salah satu lembaga pendidikan di Ponorogo yaitu SMP Negeri 5 Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mutu OSIS melalui penerapan siklus PPEPP untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan siswa sebagai bekal persaingan global yang semakin kompetitif. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu OSIS dalam meningkatkan jiwa kepemimpinan siswa dilakukan melalui beberapa proses yaitu: 1) proses penetapan dengan melalui dasar hukum, tujuan yang jelas serta perencanaan kegiatan yang sistematis, 2) proses pelaksanaan, dengan melaksanakan kegiatan harian, mingguan serta tahunan 3) proses evaluasi, dilakukan melalui pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah, waka kesiswaan dan pembina, 4) pengendalian dilakukan melalui rapat serta tata tertib, dan 5) proses peningkatan, melalui tindak lanjut berupa perbaikan kendala dan pemberian reward kepada siswa berprestasi.