Knowledge Sharing Dalam Komunitas Praktik Berbasis E-Library Studi kasus: Sekolah Taruna Bakti Kota Bandung
Abstract
Pentingnya komunitas praktik berbasis e-library dalam era digital untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan. Fokus penelitian ini adalah pada Sekolah Taruna Bakti di Kota Bandung yang menggunakan e-library sebagai platform untuk siswa dan staf sekolah berinteraksi, berbagi, dan mengakses pengetahuan terkait dengan bidang studi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana e-library memfasilitasi proses berbagi pengetahuan, meningkatkan kolaborasi, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah tersebut. Selain itu, studi ini juga mencoba mengidentifikasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengembangkan dan mempertahankan komunitas praktik berbasis e-library di lingkungan pendidikan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengamatan melalui website e-library Sekolah Taruna Bakti Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan komunitas praktik dapat memberikan inovasi pada pelayanan e-library disekolah dan memberikan wawasan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi pengelola e-library, staf sekolah, dan pengambil kebijakan pendidikan dalam memperkuat komunitas praktik dan meningkatkan pengelolaan e-library.