Strategi Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa Tunarungu di SLBN 1 Bone
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stratregi guru dalam mengembangkan bakat siswa tunarungu di SLBN 1 Bone . Adapun hasil penelitian ini terkait strategi guru dalam mengembangkan bakat siswa tunarugu adalah pertama, identifikasi yakni guru mengidentifikasi bakat siswa melalui proses kegiatan pembelajaran di kelas. Kedua, assessment yakni guru memberikan latihan atau tes secara langsung kepada siswa untuk mempraktikkan bakat yang dimiliki serta menggali informasi tentang bakat siswa. Ketiga, pendampingan yaitu guru melakukan pendampingan kepada siswa dengan memberikan latihan secara kontiniu. Keempat, pelatihan. sekolah mengadakan pelatihan khusus untuk meningkatkan kreativitas siswa sesuai dengan bakatnya masing-masing. Kelima, perlombaan. Siswa yang telah dilatih dan dibimbing kemudian diikutkan dalam berbagai ajang lomba.