Efektifvitas Konseling Bermain dalam Meningkatkan Konsep Diri Anak
Abstract
Penelitian ini membahas efektivitas konseling bermain dalam meningkatkan konsep diri anak di Taman Kanak-kanak Idhata Topisi Desa Matunrung Tellue Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penerapan konseling bermain pada anak kelompok A, mendeskripsikan konsep diri anak pada kelompok A, mengetahui efektivitas konseling bermain dalam meningkatkan konsep diri anak pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Idhata Topisi Desa Matunrung Tellue Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Idhata Topisi Desa Matunrung Tellue Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan konseling bermain pada anak kelompok A merupakan kegiatan di mana guru membentuk suatu kelompok kecil bersama dengan anak didik, dan di dalamnya, guru memberikan penjelasan tentang kegiatan bermain yang ingin dilakukan oleh anak didik.