ANALISISKEBIJAKAN WAJIB PRAMUKA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK

Abstract

Pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar danpendidikan menengah. Ekstra kulikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan pesertadidik diluar jam belajar. Kurikulum standar kepramukaan adalah gerakan pendidikan nonformal, bersifat suka rela, non politik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal usul, ras,suku bangsa, dan agama. pramuka adalah warga indonesia yang aktif dalam pendidikankepramukaan serta mengamalkan Satya Darma pramuka. Pramuka menjadi ekstrakurikulerwajib disekolah untuk menjadikan pemuda yang suka berkarya. Ekstrakurikuler disekolah adatiga model, (1) Model Blok, (2) Model Aktualisasi, (3) Model Reguler. Karakter religius adalahsuatu penghayatan ajaran agama yang dianutnya dan telah melekat pada diri seseorang danmemunculkan sikap atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bersikap maupundalam bertindak yang dapat membedakan dengan karakter orang lain. Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis kebijakan wajib pramuka terhadap pengembangan karakter religius pesertadidik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenispenelitian deskriptif pendekatan studi dokumen/teks.