Pengaruh Game Educaplay terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Ungaran Kab. Semarang

Abstract

ABSTRACT This research aims to determine the effect of using Educaplay Game media on student learning outcomes in the Islamic Religious Education subject class XI SMA N 2 Ungaran, Semarang Regency. This research is a survey, where the population is all class This research uses quantitative methods. The results of the research show that: The results illustrate that there is a relationship or influence of the Educaplay Game media on the learning outcomes of class XI students at SMA N 2 Ungaran  Semarang Regency, it is known that the significance value is 0.00 < 0.05, so the variable (X) of the Educaplay Game media can influence the variable (Y) of student learning outcomes, explaining that the influence of the Educaplay Game variable (X) on Student Learning Outcomes (Y) is 55%. Keywords: Influence, Media Educaplay, Learning Outcomes . ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Game  Educaplay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA N 2 Ungaran Kab.Semarang. Penelitian ini merupakan survey, dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Ungaran tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 429 siswa, dengan sampel 81 responden yang dihitung dengan rumus slovin dengan margin of error 10%. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan atau pengaruh media Game Educaplay terhadap  hasil belajar siswa kelas XI SMA N 2 Ungaran Kab. Semarang, diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka variabel (X) media Game Educaplay dapat mempengaruhi variabel (Y) hasil belajar siswa, menjelaskan bahwa pegaruh variabel Game Educaplay (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) sebesar 55%. Kata Kunci: Pengaruh, Media Game Educaplay, Hasil Belajar