Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Persis 37 Sumedang

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin Pendidikan memiliki inovasi dan ide-ide kreatif untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Pemimpin yang kreatif akan menciptakan madrasah yang banyak diminati oleh masayarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam usaha pengembangan madrasah yang secara konsisten, partisifatif, kolaboratif, transformasif dan efektif kepemimpinan kepala MTs Persis 37 Sumedang dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan di madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni karya inovasi kepala MTs Persis 37 Sumedang berupa Program inovasi madrasah tentang etika dan adab dimasukan dalam pembelajaran, dikemas dalam sebuah modul dengan judul Modul Adab. Kepala madrasah juga senantiasa melibatkan partisipasi berbagai pihak untuk kemajuan madrasah. Kerja sama saling menguntungkan dengan menjalin mitra madrasah. Kepala juga senantiasa menggali berbagai potensi internal dan ekternal dari madrasah. program Inovasi kepala MTs Persis 37 Sumedang dapat meningkatkan prestasi siswa dan guru serta terjalinnya kemitraan kerja sama dengan berbagai pihak.