Gerakan Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik?

Abstract

Program Gerakan litersasi sekolah menjadi upaya yang dilakukan secara menyeluh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program Gerakan Literasi Sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMPTQ Al-Matin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui observasi dan wawancara dan data sekunder melaui studi dokumen. Adapun proses analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yang dalam hal ini digunakan analisis dengan model interaktif. Berdasarkan penelitian SMPTQ Al-Matin telah melaksanakan program gerakan literasi sekolah melalui beberapa kegiatan di antaranya pojok literasi, jurnal membaca, pekan kreasi, karya inovatif dan karya tulis ilmiah. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik sudah cukup baik.