Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kearifan Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertempat di SMA Plus Al Ghifari Bandung untuk mengetahui pengembahan baha ajar yang dibuat dan dilaksanakan di SMA Plus Al Ghifari hususnya pada kurikulum pelajaran PAI. Adapun metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan observasi ke lapangan dan wawancara serta melalui kajian pustaka dari jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian, Nilai kearifan lokal yang menjadi semboyan di SMA Plus Al Ghifari adalah berupa wasiat yang turun temurun di gunakan sebagai landasan utama dalam menjalankan pendidikan yaitu, luhung elmuna, pengkuh agamana, rancage gawena dan jembar budayana. Namun dalam pelajaran PAI belum membuat desain dari pengembangan pembelajaran berbasis kearifan lokal, hanya nilai-nilai kearifan lokal yang positif telah dikenalkan dan dijadikan bagian dari pembelajaran.