ETOS KERJA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep etos kerja dalam perspektif manajemen pendidikan agama Islam multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis kajian kepustakaan atau library research. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis datanya Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan agama Islam multikultural melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan agama Islam dalam konteks yang multikultural. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menghargai keragaman budaya, suku, ras, dan latar belakang peserta didik. Dalam konteks manajemen pendidikan agama Islam multikultural, etos kerja memiliki peran penting yaitu (1) Menjunjung tinggi profesionalisme, (2) Menghargai keragaman, mempromosikan toleransi dan saling menghormati, (3) Membangun kerjasama dan kolaborasi, (4) Komitmen terhadap keadilan dan kesetaraan dan (5) Pemecahan masalah dan inovasi. Adapun Strategi untuk mensosialisasikan etos kerja yang inklusif yaitu (1) Kepemimpinan yang inspiratif, (2) pengembangan kapasitas, (3) Kebijakan yang mendukung dan (4) Komunikasi yang efektif. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan strategi manajemen pendidikan yang responsif terhadap keragaman budaya dan latar belakang peserta didik yang beragam.