PERAN PENDIDIK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI

Abstract

Setiap peserta didik memiliki minat belajar yang bervariasi. Minat sangat penting dalam proses pembelajaran sehingga diperlukannya suatu pendekatan yang memenuhi masing-masing kebutuhan individual atau keberagaman dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran pendidik dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 32 Padang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran penting seperti pendidik sebagai fasilitator, motivator, pembimbing dan sumber belajar yang dapat menumbuhkan minat peserta didikseperti dengan menerapkan metode, media dan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan melalui pembelajaran berdiferensiasi peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang  inklusif, suportif dan bervariasi.