Analisis Diskrepansi Kepuasan Penggunaan Aplikasi Haji Pintar

Abstract

‘Haji Pintar’ merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Agama untuk memberikan layanan informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji. Kepuasan pengguna menjadi bagian yang penting karena akan menentukan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan dalam penggunaan aplikasi ‘Haji Pintar’ dengan menggunakan kerangka Uses and Gratifications 2.0 dan model expectancy-values Palmgreen (1984) untuk menggambarkan diskrepansi kepuasan pengguna. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data melalui survey kuesioner dan analisa statistik deskriptif untuk mendapatkan angka rata-rata diskrepansi kepuasan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang ditentukan melalui rumus Lemeshow (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki tingkat harapan yang tinggi terhadap aplikasi ‘Haji Pintar’ untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi yang berkaitan dengan ibadah haji. Akan tetapi, tingkat kepuasan responden berada dalam kategori yang rendah setelah menggunakan aplikasi ‘Haji Pintar’. Adanya diskrepansi kepuasan yang tinggi dalam penggunaan aplikasi ‘Haji Pintar’ berdasarkan dimensi kepuasan isi informasi dan dimensi kepuasan sosial. Diskrepansi kepuasan berdasarkan dimensi proses penggunaan menunjukkan nilai yang rendah. Secara keseluruhan, aplikasi ‘Haji Pintar’ belum mampu memberikan kepuasan layanan kepada penggunanya