MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini mengungkap bahwa perencanaan anggaran pendidikan di SMPIT Al-Ummah Cibadak Sukabumi disusun melalui RAPBS setiap akhir tahun, melibatkan stakeholders sekolah, dengan keputusan akhir diambil oleh ketua yayasan. Mekanisme pengorganisasian pembiayaan pendidikan melibatkan struktur organisasi yang dipimpin oleh ketua yayasan dan kepala sekolah. Anggaran digunakan untuk pembiayaan program sekolah, belanja barang dan jasa, belanja modal, serta pengembangan sumber daya manusia, khususnya guru. Pengawasan dilakukan oleh Yayasan Peduli Ummat Indonesia dan dinas kependidikan, dengan pertanggungjawaban diserahkan kepada Komite Sekolah dan yayasan. Manajemen pembiayaan yang baik, terbuka, dan transparan di SMPIT Al-Ummah diakui memiliki dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dengan demikian, strategi ini berpotensi untuk diterapkan dalam konteks pendidikan lainnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara lebih luas.