Urgensi Stimulasi Perkembangan Kognitif Pada Masa Kanak-Kanak
Abstract
Perkembangan pada masa kanak-kanak seorang anak mulai membangun kemampuan kognitif dan social. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan urgensi stimulasi perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan studi Pustaka, yang mana dalam memperoleh data penulis mengumpulkan dan menganalisis artikel, jurnal dan buku-buku yang terkait dengan topik. Tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan interpretasi pembaca terkait perkembangan kanak-kanak, sambil memberikan penilaian kritis terhadap materi yang dibahas. Selain itu, tinjauan kritis juga mencakup identifikasi topik-topik penting dalam literatur yang ada. Hasil dari penelitian yaitu ada tiga macam perkembangan pada masa kanak, meliputi perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan perkembangan psikososial. Perkembangan fisik pada masa kanak-kanak diantaranya pengerasan tulang, perubahan bentuk tubuh dan gigi yang tanggal. Perubahan kognitif berupa perubahan dalam kemampuan anak untuk berpikir, mengeksplorasi, mencari informasi, dan memecahkan masalah. Perubahan psikososial pada masa kanak-kanak yaitu perubahan psikologis anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya atau kelompok. Selain itu perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak lebih berfokus pada keintiman, produktivitas, integritas, dan keputusasaan.