PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DAN KETAHANAN PANGAN UNTUK PRODUK UMKM PADA KOPI MBAH BONGSO DI DUSUN BABADAN
Abstract
Bidang usaha kopi merupakan salah satu sumber pendapatan devisa negara dan sumber penghidupan bagi masyarakat di berbagai daerah salah satunya di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum. Saat ini produk Kopi Mbah Bongso memiliki permasalahan utama terkait tingkat jangkauan pemasaran produk kopi mereka yang dinilai masih rendah, karena UMKM tersebut hanya mengandalkan pemasaran dari rumah ke rumah. luas. Peningkatan sebuah pendapatan hasil penjualan memerlukan sebuah strategi yang baik agar produk semakin dikenal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat akan memeberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pemasaran produk secara digital, sehingga pihak Kopi Mbah Bongso mampu memasarkan produknya semakin luas. Terdapat 3 tahapan dalam kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Beberapa evaluasi yang dilakukan yaitu pemahaman digital marketing, pentingnya kegiatan pemasaran digital, dan kemampuan dalam mengoperasikan sosial media. Dari hasil evaluasi tersebut, kegiatan pengabdian ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan mitra UMKM Kopi Mbah Bongso.