UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN UMKM DODOL JUWADAH BERBASIS TEKNOLOGI

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai pemasaran dodol dengan menggunakan teknologi sehingga produk dodol mempunyai nilai jual yang tinggi dan wilayah pemasarannya lebih luas. Pelatihan ini dilakukan di Desa Banding Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Sasaran dalam kegiatan ini adalah warga masyarakat Desa Banding Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini ceramah dan langsung pembuatan akun online untuk bertransaksi/jual beli. Materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan ini mengenai wadah atau tempat online untuk membuka usaha, penyuluhan mengenai bagaimana produk dodol dalam hal pengemasan karena dengan kemasan yang bagus akan meningkat harga dari dodol tersebut. Media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah laptop dan handphone yang terkoneksi internet. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah warga memiliki akun berjualan/pemasaran online dan mempunyai kemasan dodol yang bagus