SOSIALISASI PENGARUH VARIASI ROLLER DAN PEGAS CVT TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI PADA GURU-GURU SMK YAPEMA PRINGSEWU

Abstract

Saat ini perkembangan dunia industri dan teknologi otomotif khususnya sepeda motor sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Masyarakat saat ini sangat meminati sekali menggunakan kendaraan roda dua yaitu  sepeda motor. Transmisi otomatis jenis Continously Variabel Transmission (CVT) adalah salah satu jenis transmisi otomatis, cara kerjanya memanfaatkan gaya sentrifugal. Di kalangan pecinta modifikasi banyak dilakukan perubahan pada sepeda motor matic. banyak sparepart komponen CVT yang sudah dimodifikasi di pasaran untuk meningkatkan kinerja mesin yang lebih cepat dan optimal. Maka dari itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada Guru-Guru Di SMK YAPEMA Pringsewu tentang pengaruh perubahan variasi berat roller  9 gram, 10 gram, 11 gram, 12 gram (standar) dan menggunakan pegas CVT standar 800 Rpm dan pegas CVT 1500 Rpm untuk mengetahui Performa Terbaik sepeda motor matic sehingga menjadi pengetahuan baru bagi guru-guru tersebut. Program ini dimulai dari kegiatan survey, untuk mengindentifikasi permasalahan dan kebutuhan Mitra, berikutnya bimbingan teknis, praktek dan pengujian. Adapun luaran dari pengabdian ini adalah Mitra mampu menggunakan metode Taguchi dalam menhganalisis komponen yang paling berpengaruh terhadap sebuah kinerja mesin.