Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Paud Widya Cilegon

Abstract

Pola asuh orang tua memainkan peran penting dalam perkembangan anak, termasuk motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di PAUD Widya Cilegon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang tua siswa di PAUD Widya Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang positive memberikan kebebasan berekspresi, bimbingan, serta penghargaan terhadap usaha anak terbukti lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Anak-anak yang diasuh dengan pola asuh positive menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, lebih mandiri, kreatif, dan antusias dalam belajar. Faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi belajar termasuk dukungan emosional keluarga, keterlibatan orang tua dalam pendidikan, serta kondisi lingkungan belajar anak. Kendala yang dihadapi orang tua dalam menerapkan pola asuh yang efektif antara lain adalah kesibukan kerja dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya pola asuh dalam pendidikan anak. Penelitian ini menyarankan perlunya program edukasi bagi orang tua untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pola asuh yang mendukung perkembangan motivasi belajar anak.