DEVELOPMENT OF CHARACTER EDUCATION COMIC BOOKS REFERRING TO CARIYĀPITAKA FOR CLASS VII BUDDHIST EDUCATION

Abstract

Permasalahan yang sering muncul pada pembelajaran berupa kurangnya media pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter di dalam kelas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan produk yang teruji berupa buku komik pendidikan karakter yang Mengacu Pada Cariyāpitaka; (2) Mengetahui kelayakan buku komik pendidikan karakter yang Mengacu Pada Cariyāpitaka yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data dinilai menggunakan teknik transferability, dependability, dan Confirmability. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berupa buku komik pendidikan karakter yang mengacu pada Cariyāpitaka yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat kelayakan tersebut ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli materi yang memberikan penilaian sebesar 90% yang artinya produk tersebut dalam kategori sangat baik, kemudian penilaian yang diberikan oleh ahli media 1 yaitu sebesar 83.3% dan dari ahli media 2 sebesar 86.6% dengan kategori sangat baik juga. Efektivitas dari produk yang dikembangkan yaitu sebesar 89,23% berdasarkan hasil penyebaran angket kepada peserta didik, sehingga produk yang dikembangkan dikategorikan sebagai sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan karakter.