LEARNING PATTERNS OF THE CHARACTER EDUCATION IN VIDYA DHARMA BUDDHIST KINDERGARTEN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran pendidikan karakter dan pola pembelajaran pendidikan karakter di TK Buddhis Vidya Dharma. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di TK Buddhis Vidya Dharma dan orang tua siswa sebagai data tambahan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali menggunakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran guru dalam pembelajaran pendidikan karakter yaitu proses guru dalam mengajar anak agar memiliki karakter yang baik. Guru juga menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada anak tentang perilaku baik yang harus dilakukan seperti mengajarkan anak baris-berbaris sebelum masuk kelas, membimbing anak dalam belajar menulis dan mewarnai, melatih anak untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar maupun makan, dan mengajarkan anak untuk selalu berbagi kepada anak dan saling tolong menolong. Pola pembelajaran pendidikan karakter di TK Buddhis Vidya Dharma yaitu cara guru mengajar dan merancang pembelajaran. Guru mengajarkan hal-hal baik salah satunya tentang kemandirian dan sopan santun seperti mengajarkan anak berkreativitas dengan membuat kincir angin selain itu guru juga mengajarkan untuk dapat membedakan sebuah gambar. Kegiatan pembelajaran tersebut tetap sesuai dengan tema dan mengacu tujuan pembelajaran.