THE DEVELOPMENT OF CARIYĀPIṬAKA-BASED DRAWING AND COLORING BOOKS FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDENTS

Abstract

Penelitian tentang pengembangan buku Menggambar dan Mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka sebagai bahan ajar peserta didik PAUD Tingkat B di TK Vidyananda dan Vidya Dhamma dilakukan karena masih sedikitnya sumber belajar bagi anak usia PAUD dan TK yang berbasis cerita Buddhis. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kredibilitas data dinilai dengan transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah reduksi, penyajian, serta pengambilan kesimpulan. Sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis dengan teori deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan dari para ahli, buku Menggambar dan Mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka mendapat persentase kelayakan sebesar 86,1% dari ahli materi, 85,62% dari ahli media, dan 89,95% untuk efektifitas. Selain itu respons peserta didik sangat antusias adanya buku menggambar dan mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka. Berdasarkan hasil persentase penilaian respons dari subjek uji coba, dapat dikatakan bahwa buku Menggambar dan Mewarnai berbasis Cariyāpiṭaka sangat layak sebagai bahan ajar peserta didik PAUD Tingkat B di TK Vidyananda dan Vidya Dharma. Pesan moral yang terdapat pada cerita (1) Ruru Raja Rusa, Rusa yang bijak ini memiliki pesan moral tidak mengingkari janji, (2) Raja Banteng yang bijak ini memiliki pesan moral melatih kesabaran.