Komunikasi Politik Ichsan Yasin Limpo Sebagai Calon Gubernur Sulawesi Selatan 2018

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi politik Ichsan Yasin Limpo dalam pencalonannya sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan melalui jalur independent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan narasumber dan mengambil data dengan wawancara dan studi literatur yang mendalam. Hasil penelitian ini dapat dipetakan dalam beberapa bentuk seperti kampanye Ichsan Yasin Limpo yang memiliki ciri khas kedaerahan dengan pendekatan yang bernuansa kebudayaan yaitu melalui brand “Punggawa-Macakka”. Kampanye politik juga dilakukan melalui media massa yang sangat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang Ichsan Yasin Limpo, selain itu kecakapan retorika berdasarkan pengalamannya menjadi bupati dua periode Kabupaten Gowa juga menjadi komunikasi politik untuk menarik pemilih. Hal ini memunculkan persepsi yang beragam berdasarkan konstruksi branding politik hingga citra politik yang nampak dari Ichsan Yasin Limpo.