Media Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Menanamkan Ketaatan dan Pemahaman Tata Cara Ibadah Sholat Pada Siswa
Abstract
Media memegang peran penting dalam proses belajar mengajar, terutama pada pembelajaran fiqih, dimana media akan memberikan suasana yang menyenangkan, sehingga menarik minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran guru fiqih dalam menanamkan ketaatan dan pemahaman tata cara ibadah sholat pada siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui penelitian terdahuu berupa jurnal ilmiah dan buku, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasal penelitian ini ditemukan beberapa media pembelajaran dalam menanamkan ketaatan dan pemahaman tatacara sholat, diantaranya; menggunakan video animasi, media berbasis animasi 3 dimensi, media audio visual, media pembelajaran poster, game kuis fiqih dengan menggunakan construct 3, media power point, media audio visual, dan guru yang memberikan teladan dengan mengikuti shalat berjama’ah bersama, membiasakan dengan mewajibkan siswa/siswinya dalam melaksanakan shalat berjama’ah bersama.