Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas VIII MTs Al Huda Sumobito Jombang
Abstract
Ilmu tajwid merupakan kaidah cara membaca huruf al-Qur’an secara baik dan benar. Kemampuan membaca al-Qur’an adalah mampu melafalkan bacaan ayat al-Qur’an sesuai tajwidnya, makharijul huruf,kelancaran/tartil saat membaca al-Qur’an. Kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Al Huda rata- rata sudah baik, akan tetapi hasil belajar materi tajwid yang khususnya materi hukum bacaan mad pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis masih ada di bawah rata-rata, sangat sayang sekali jika bacaan al-Qur’an sudah baik tetapi belum memahami dengan benar mengenai kaidah- kaidah hukum tajwid.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemahaman tajwid dengan kemampuan membaca al-Qur’an kelas VIII siswa MTs AlHuda Sumobito Jombang. Desain penelitian ini menggunakan field Research. Jenis penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan Tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dengan 38 responden. Hasil penelitian :1) Pemahaman ilmu tajwid “sangat baik” karena berada di interval 74-100 dengan prosentase 71%. 2) Kemampuan membaca al-Qur’an “sangat baik” karena berada di interval 74-100 dengan presentase 81%. 3) Hasil perhitungan korelasi sebesar 0,763, yakni nilai r terletak antara 0,70-0,90 yang memiliki interprestasi “tinggi”. Maka dapat diketahui bahwa adanya hubungan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs AlHuda Sumobito Jombang.