Pemanfaatan Masjid Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan, upaya guru dan hambatan yang dihadapi guru PAI dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran Pendidikan islam di Sekolah Menengah Pertama Ahamad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi dengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa sebagai respondem utama. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara untuk teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau mengadakan verfikasi data. Hasil penelitian menggambarkan kondisi real pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran Pendidikan islam, sangat intens pertemuan dan pemanfaatan masjid dalam pembelajaran agama islam yang dilakukan oleh guru PAI. Guru PAI sudah memanfaatkan masjid dengan berbagai kegiatan, secar intens dan sangat membantu guru dalam memberikan motivasi siswa dalam belajar dan berjalan dengan lancar dan tertib. Guru PAI, dalam memanfaatkan masjid sebagai tempat pembelajaran PAI, secara teori maupun praktek, sudah memaksimalkan kegiatan yang sudah dirancang dan disusun bersama guru dan kepala sekolah setiap diawal semester yaitu dalam rapat kerja, dengan menawarkan banyak kegiatan dan sudah berjalan dengan baik, diataranya adalah pembelajaran PAI secara khusus dilakukan berkelompok maupun klasikal, selain itu ada juga kegiatan pendukung lainnya seperti sholat dhuha berjamaah, sholat zuhur dan ashar berjamaah, kahfiyan setiap hari Jumat pagi dan semi boarding, siswa nginap disekolah untuk mendapatkan nimbingan khusus dalam peningkatan Pendidikan karakter siswa. Dalam kenyataannya banyak hambatan yang ditemukan oleh guru diakibatkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupa : kedisiplinan, waktu yang tersedia sangat terbatas, kelelahan, kesiapan belajar serta psikologis dan Kesehatan. Sementara faktor eksternal meliputi ; teman sejawat dan lingkungan social. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI di SMP Ahmad Dahlan sangat intens dan banyak kegiatan yang dilakukan guru PAI, berupa kegiatan yang bisa memberikat motivasi belajar siswa semakin baik.