Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Profesional Guru
Abstract
Manajemen dalam pendidikan menjadi peran penting dalam keberlangsungan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen madrasah dalam meningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan yakni manajemen madrasah merupakan proses pengintegrasian, pengkoordinasian dan pemanfaatan, baik manajemen kurikulum, tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan dan pembiayaan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah, masyarakat dan layanan khusus. dengan melibatkan secara menyeluruh elemen-elemen yang ada pada madrasah untuk mencapai tujuan (mutu pendidikan) yang diharapkan secara efisien. Sedangkan guru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal, atau dengan kata lain guru profesional adalah orang yang terdidik dan terlatih dengan baik serta memiliki pengalaman yang kaya di bidangnya. Adapun temuan peneliti pada Madrasah Aliyah Darul Falah Kota Batam menunjukkan adanya manajemen madrasah yang baik, dengan kemampuan menjalankan aktivitas extrakurikuler komunitas tahfidzul quran, komunitas kitab kuning, komunitas enterpreneur, komunitas sport, komunitas multimedia dan broadcasting, komunitas ipa, dan komunitas bahasa.