EFEKTIVITAS MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN KITAB DURŪS AL-LUGAH AL-ARABIYYAH JUZ 1 SISWA KELAS X SMA IT BINA UMAT YOGYAKARTA

Abstract

Keunggulan bahasa Arab adalah daya tarik yang dapat dijangkau oleh semua kalangan baik usia dini maupun dewasa. Selain itu, pemerolehan bahasa juga dapat dilakukan dan disesuaikan dengan minat serta kemampuan individu masing-masing, hal tersebut guna meminimalisir problematika pembelajaran bahasa Arab yang saat ini beredar di masyarakat terutama dalam lingkup belajar mengajar. Inovasi pembelajaran patut mendapatkan wadah evaluasi yang lebih besar, ini dimaksudkan untuk peningkatan kualitas belajar dapat menjadi perhatian bersama yang bisa dilirik oleh semua pendidik pada umumnya. Kehadiran berbagai macam media pembelajaran merupakan sebuah kesempatan dan harus kita sambut penuh keterbukaan, hal ini untuk menjadikan setiap pendidik lebih kreatif dan menarik lagi dalam menyampaikan materi pelajarannya masing-masing. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, pembelajaran Durūs al-Lugah al-Arabiyyah juz 1 di SMA IT Bina Umat Yogyakarta dengan media lagu menjadi salah satu solusi baru dalam pembelajaran materi tersebut, hasil yang diperoleh dari penelitian ini sangat baik. Para siswa lebih cepat menyerap materi dibanding dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan sebelumnya. Oleh karenanya, inovasi pembelajaran haruslah semakin dicanangkan untuk kemudian dilaksanakan secara bertahap, hal ini dalam misi menjadikan setiap materi yang ada dalam mata pelajaran tersebut menyenangkan dan tidak membosankan.