PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENJADI EVALUASI PADA PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Abstract

Penelitian study Literature ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan dalam suatu pembelajaran. Ketika evaluasi menunjukan bahwa adanya kejenuhan yang dialami peserta didik maka guru perlu meningkatkan keterampilan dalam pengajaran. Hal ini memerlukan Tindakan dalam penyelasaianya, salah satu Tindakan yang dapat dilaksanakan dalam menyelesaikan permasalahan didalam proses berjalannya suatu pembelajaran adalah dengan penelitian Tindakan kelas. Pada penelitian ini peneliti menngunakan metode Study literature. peneliti mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab kelayakan, respon dan hasil belajar setelah dilakukan penelitian Tindakan kelas. peneliti juga mengumpulkan data dari buku dan jurnal artikel bertalian dengan pembahasan PTK menjadi evaluasi pada peningkatan hasil pembelajaran Bahasa arab. Terdapat perkembangan yang signifikan setelah dilaksanakannya penelitian Tindakan kelas. Pembahasan ini menjelaskan tujuan dari PTK menjadi evaluasi pada pembelajaran Bahasa Arab: (1) kelayakan Penelitian Tindakan Kelas bagi perkembangan dan peningkatan pembelajaran Bahasa Arab. (2) Respon Guru dan Peserta didik terhadap pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. (3) perkembangan hasil belajar Bahasa Arab setelah terlaksananya penelitian Tindakan kelas. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah peningkatan pembelajaran Bahasa Arab mengalami peningkatan signifikan setelah mengevaluasi dengan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas telah dinilai memenuhi aspek kelayakan dalam peningkatan dan memberi penyelesaian dalam setiap permasalahan pembelajaran Bahasa Arab.