Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kecerdasan Majemuk

Abstract

Evaluasi program pembelajaran bahasa Arab melibatkan serangkaian kegiatan yang didasarkan pada landasan teori yang memadai, diikuti dengan perencanaan dan langkah-langkah yang sistematis. Tujuannya adalah untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar bahasa Arab. Teori kecerdasan majemuk dikemukakan oleh Howard Gardner. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (Library research) merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi terdapat dalam kepustakaan, misalnya buku-buku, catatan-catatan, makalah-makalah, dan sebagainya. Kecerdasan majemuk memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan yang telah dimilikinya. Kondisi lingkungan yang kondusif dan selaras dengan kecerdasan yang dimiliki membuat seseorang dapat mengembangkan kecerdasannya dengan maksimal. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang memuat nilai dari masing-masing kecerdasan.