Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Nahwu: Sebuah Tinjauan atas Temuan-temuan Terbaru (2019-2024)

Abstract

Pembelajaran secara kooperatif mutlak dilakukan pada pembelajaran bahasa Arab pada abad 21. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan pembelajaran nahwu menggunakan model CL dengan meninjau temuan penelitian terkait pada lima tahun terakhir (2019-2024) dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 artikel yang telah diterbitkan dalam 5 tahun terakhir ditemukan lima aspek pada model CL tipe jigsaw dalam pembelajaran nahwu yaitu (1) Peningkatan Penguasaan Nahwu, (2) Partisipasi Aktif Siswa, (3) Peningkatan Hasil Belajar, (4) Pengembangan Keterampilan Sosial dan Kerjasama, dan (5) Peningkatan Keterlibatan dan Interaksi Siswa. Aspek peningkatan pemahaman nahwu dengan metode eksperimen lebih dominan digunakan. Pembelajaran Nahwu model CL tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbahasa menjadi perhatian bagi para peneliti selanjutnya.