Implementation of Holistic and Integrative Early Childhood Education Program in Serang
Abstract
Comprehensive and integrated services are essential for children at the Early Childhood Education level. The government issued a Presidential Regulation related to Holistic Integrative Early Childhood Education Services in line with this. The meaning of holistic integrative means comprehensive services related to children's needs that are carried out in an integrated manner. This research aims to describe the implementation of the Holistic and Integrative Early Childhood Education program in a kindergarten in Serang City. This research is a descriptive qualitative method. The data needed in this study are related to implementing Holistic Integrative early childhood education services. The data was obtained using interviews, observation, and documentation data collection techniques. Based on the research that researchers have conducted, the Holistic Integrative Early Childhood Education program includes education, health, nutrition and care, parenting, protection, and welfare services. Educational services are implemented by involving various types of learning methods and media. The school also provides health, nutrition, and nursing services and collaborates with various local stakeholders in Serang City for service provision needs, making it a collaborative effort. Abstrak Layanan yang menyeluruh dan terpadu penting untuk diterapkan bagi anak di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Selaras dengan hal tersebut, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden terkait Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Makna Holistik Integratif berarti layanan yang menyeluruh terkait kebutuhan anak dan dilakukan secara terpadu. Namun, perlu dilakukan penelusuran lagi terkait bagaimana pelaksanaannya di lembaga pendidikan, apakah sudah ideal ataukah belum. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif di sebuah taman kanak-kanak di kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang terkait dengan penerapan layanan pendidikan anak usia dini Holistik Integratif. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan bahwa telah diselenggarakan program Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif meliputi layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan, dan layanan kesejahteraan. Pelayanan pendidikan dilaksanakan dengan melibutkan berbagai jenis metode dan media pembelajaran. Sekolah juga menyediakan layanan kesehatan, gizi, dan keperawatan, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak pemangku kebijakan setempat di kota Serang untuk kebutuhan penyediaan layanan.