PENDAMPINGAN PADA KAMPOENG PISANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA MELALUI RENCANA PEMASARAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman, penyampaian dan pelatihan kepada mitra usaha UMKM dalam aspek rencana pemasaran/marketing planning melalui digital marketing media social sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh mahasiswi prodi Ekonomi Syariah fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Dirosat Islamiyah Al-amien Prenduan dengan program yang memiliki empat tahapan pelaksanaan yaitu persiapan dan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pemantauan. Tahapan ini memastikan bahwa tujuan, target, dan hasil program tercapai. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode partisipatif seperti observasi, wawancara, diskusi kelompok terarah, dan pengambilan keputusan bersama. Hasil dari rangkaian 4 tahapan tersebut adalah peningkatan pendapatan Kampoeng Pisang, peningkatan kuantitas dan kualitas Kampoeng Pisang yang dipasarkan, dan peningkatan pemasaran produk jasa yang berkualitas.