Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen. Pengelolaan tersebut meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan atau penyelenggaraan, evaluasi, dan kendala di perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research) yang dilakukan langsung di medan terjadinya gejala-gejala yang diteliti yaitu MTs Negeri 7 Kebumen. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif di mana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata. Penelitian ini dilakukan secara intensif, yakni peneliti ikut berpatisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya tanpa mengubahnya menjadi angka atau simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen menunjukan sebagai berikut: (1) dalam hal perencanaan sudah cukup baik dan sudah direncanakan sesuai dengan tujuan maupun dengan visi dan misi walaupun ada beberapa kendala salah satunya adalah dalam hal ruangan, (2) pengorganisasian sudah baik dan berjalan secara terstruktur, (3) pelaksanaan maupun penyelenggaraan cukup baik, (4) evaluasinya berjalan dengan baik karena dilaksanakan setiap hari, (5) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan adalah mengenai ruangan yang belum memenuhi standar, sarana dan prasarana kurang mencukupi, pengadaan bahan koleksi kurang maksimal dan tidak ada pelatihan khusus bagi staf perpustakaan.