Strategi Manajemen Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik
Abstract
Kompetisi antar lembaga pendidikan semakin ketat sehingga sekolah perlu melakukan manajemen pemasaran sekolah dengan baik yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas peserta didik. Fokus penelitian ini adalah strategi manajemen pemasaran sekolah dalam peningkatan kuantitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta pola strategi manajemen pemasaran sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kurikulum, kesiswaan, sarpras, TU, dan wali murid SDIT LHI. Metode penelitian ini adalah kulitatif deskriptif pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, analisis SWOT, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan model triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melakukan manajemen pemasaran untuk meningkatkan kuantitas peserta didik di SDIT LHI terdapat: (1) Faktor internal berupa kekuatan, (2) Faktor eksternal berupa peluang, dan (3) Pola strategi pemasaran terletak pada kuadran I strategi agresif (strength opportunity).