PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED REALING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NIGRODHAMIGA JÄ€TAKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca Nigrodhamiga JÄtaka melalui penerapan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermedia powerpoint; (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga  JÄtaka;  (3) mendeskripsikan cara menghadapi hambatan-hambatan dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga JÄtaka.Tempat penelitian adalah SMB Dhamma Loka, Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian yaitu: Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bermedia powerpoint mengkondisikan siswa tertarik mengikuti pembelajaran. Suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Siswa belajar secara kebersamaan dan lebih komunikatif. Siswa aktif membaca, menuliskan ide-ide penting Nigrodhamiga JÄtaka. Hambatan-hambatan yang dialami dalam Nigrodhamiga JÄtaka, yaitu masih terdapat beberapa siswa kurang respon saat diskusi. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan ide-ide penting Nigrodhamiga JÄtaka. Cara mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan keterampilan membaca Nigrodhamiga JÄtaka yaitu guru perlu memberikan kesempatan siswa berani berbicara di depan kelas. Memberikan kesempatan yang lebih kepada siswa untuk berlatih menuliskan ide-ide penting dalam Nigrodhamiga JÄtaka.