Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Digha Nikaya Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Buddha
Abstract
Pendidikan karakter merupakan salah satu hal penting bagi mahasiswa calon guru pendidikan agama Buddha karena kedepannya mereka yang akan menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter yang termuat dalam pembelajaran Digha Nikaya pada mahasiswa calon guru pendidikan agama Buddha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk subjek penelitiannya yaitu 3 (tiga) orang mahasiswa Prodi Pendidikan Keagamaan Buddha semester lima STABN Sriwijaya, yang merupakan calon guru Pendidikan Agama Buddha. Dari data yang didapat, data diolah dengan teknik analisis data. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh peneliti dari hasil wawancara mendalam dengan informan kunci yaitu3 (tiga) Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Buddha. Di mana data primer merupakan data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli atau tidak melalui perantara, data primer secara khusus dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian, data primer diperoleh dengan melakukan observasi, wawancaradan dokumentasi dengan informan berkaitan dengan judul penelitian mengenai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Buddha. Dari analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu pendidikan karakter yang didapat oleh mahasiswa calon guru pendidikan agama Budhha dalam pembelajaran Digha Nikaya diantaranya pendidikan karakter diantaranya berupa sikap bertanggung jawab, kedisiplinan, berkerja keras, bersikap santun, peduli, menerapkan kejujuran, memiliki cinta kasih dan tentunya bijaksana. Dari hal ini peneliti menjadi tahu bahwa pendidikan karakter sangatlah penting, oleh sebab itu hendaknya pendidikan karakter dapat diterapkan dimana saja khususnya dalam dunia pendidikan untuk menciptakan generasi bangsa yang lebih baik.