Analisis Karakterisik Gaya Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Keagamaan Buddha pada Mata Kuliah Pendidikan Keagamaan Buddh

Abstract

Terdapat beberapa mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam menangkap informasi yang di sampaikan pada saat pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Buddha sehingga memerlukan analisis terhadap karakteristik gaya belajar pada mahasiswa STABN Sriwijaya. Pada penelitian ini metode yang digunakan  oleh penulis yakni metode kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Pada umumnya, sebanyak 25% mahasiswa prodi pendidikan Keagamaan Buddha di STABN Sriwijaya memiliki karakteristik gaya belajar kinestetik. Kemudian, 16% memiliki gaya belajar audiotori. Sebanyak 17% memiliki karakteristik gaya belajar visual. Sebanyak 17%  memiliki karakteristik gaya belajar kinestetik dan visual dengan, Sebanyak 17% karakteristik gaya belajar audiotorial dan visual, serta sisanya sebanyak 17% mahasiswa prodi pendidikan Keagamaan Buddha di STABN Sriwijaya memiliki karakteristik gaya belajar kinestetik, audiotorial, dan visual. Beragam tipe karakteristik gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa prodi pendidikan Kegamaaan Buddha di STABN Sriwijaya memerlukan media dan metode mengajar yang tepat dalam penerapannya. Oleh karena itu, sebagai pengajar dosen perlu melakukan observais terhadap mahasiswanya agar dapat memilih media dan metode yang tepat diterapkan pada kebanyakan karakteristik gaya belajar mahasiswa STABN Sriwijaya pada prodi pendidikan keagamaan Buddha.Kata Kunci: Karakteristik Gaya Belajar, Mahasiswa Prodi Pendidikan Keagamaan Buddha, STABN Sriwijaya, Kinestetik, Visual, Audiotorial