Efektivitas Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Kelas IV SD Bodhisatta Tangerang
Abstract
Pembahasan yang diangkat dalam penelitian ini adalah efektifitas pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pendidikan agama Buddha kelas IV SD Bodhisatta Tangerang. Penelitian ini diangkat berdasarkan permasalahan yang terjadi, yaitu rendahnya basil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan evektifitas pendekatan saintifik terhadap basil belajar pendidikan agama Buddha. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dad dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan atau observasi dan wawancara untuk data kualitatif, sedangkan data kuantitatif dad penilaian tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan basil belajar peserta didik setelah menerapkan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penults menyimpulkan bahwa hash! belajar peserta didik kelas IV SD Bodhisatta Tangerang meningkat setelah menerapkan pendekatan saintifik. Peningkatan ditampilkan dalam tabel nilai peserta didik yang meningkat dad siklus I dan siklus II. Hasil pre test dan pos test yang semakin meningkat. Nilai pre test siklus I rata-rata 65,4 menjadi 82 pada siklus II. Post test pada siklus I rata-rata 66 menjadi 91,6 pada siklus II. Data observasi menunjukkan bahwa peserta didik yang kurang percaya dirt pada siklus I menjadi percaya dirt pada siklus II.