Efektivitas Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Di Sekolah Dasar Bonavita Kelas Iv
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di Sekolah Dasar Bonavita Kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif dan metode kualitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tes terhadap hasil belajar siswa dalam bentuk skor dan perilaku, sehingga peneliti mengolah data dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dalam bentuk skor tentang hasil belajar siswa dan rata-ratanya, sementara data kualitatif dijelaskan dalam kalimat-kalimat untuk mendapatkan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah metode resitasi diterapkan di Sekolah Dasar Bonavita. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat sekitar 4%, dari rata-rata pra-siklus 86% menjadi 90% pada akhir penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa Pendidikan Agama Buddha di kelas IV Sekolah Dasar Bonavita meningkat setelah metode resitasi diterapkan, dan bahwa siswa dapat mencapai standar kompetensi. Peneliti menyarankan agar guru-guru mampu menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.