Efektivttas Teknik Evaluasi Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha, sehingga memerlukan tindakan dengan menerapkan teknik evaluasi crossword puzzle. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas teknik evaluasi crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas N B di SD Dharma Widya. Hasil belajar kognitif meningkat dari pre-test ke post-test pada siklus I yaitu 53,70 menjadi 81,11. Peningkatan signifikan texjadi pada post-test siklus I dengan nilai rata-rata 81,11 menjadi 87,04 pada siklus II. Data observasi menunjukkan bahwa siswa yang pasif pada siklus I, mulai bersemangat dan aktif pada siklus II. Peningkatan nilai tersebut menjadi bukti bahwa teknik evaluasi crossword puzzle mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.